I made this widget at MyFlashFetish.com.

best blogger tipsGet snow effect
-->
Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Kamis, 17 Februari 2011

Perayaan V-Day : G BANGET !!

Saudara-saudaraku semua (aku panggilnya saudara aja ya), kali ini aku pingin bahas sesuatu yang sering dianggap berkaitan erat dengan bulan Februari. Yap, betul sekali. Perayaan ‘Valentine Day’ atau yang sering disingkat V-Day.
Kalian tahu nggak sih latar belakang V-Day itu sendiri? Kalau belum tahu, ayo kita bahas.

Latar Belakang Perayaan

Dari berbagai sumber yang aku lihat nih, perayaan V-Day itu sendiri untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 Februari. Tapi, siapa sih St. Valentine itu? Sampai-sampai dibuat hari untuk menghormatinya segala?
Sebenarnya ada 3 orang bernama St. Valentine yang juga meninggal pada tanggal 14 Februari. St. Valentine yang pertama adalah seorang imam dan dokter di Roma. Ia, bersama dengan St Marius dan keluarganya, menghibur para martir pada masa penganiayaan oleh Kaisar Claudius II. Pada akhirnya, St Valentine juga ditangkap, dijatuhi hukuman mati karena imannya, didera dengan pentung dan akhirnya dipenggal kepalanya pada tanggal 14 Februari 270. Ia dimakamkan di Flaminian Way. Sedangkan yang kedua adalah Uskup Interamna (sekarang Terni, terletak sekitar 60 mil dari Roma). Atas perintah Prefek Placidus, ia juga ditangkap, didera, dan dipenggal kepalanya, dalam masa penganiayaan Kaisar Claudius II. Yang ketiga mengalami kemartiran di Afrika bersama beberapa orang rekannya. Tetapi, tidak banyak yang diketahui mengenai santo ini. Pada intinya, ketiga orang kudus ini, yang semuanya bernama Valentine, menunjukkan kasih yang gagah berani bagi Tuhan dan Gereja-Nya.
Nah, dilihat dari siapa itu Pak ‘Valentine’, jelas kelihatan bahwa perayaan V-Day adalah perayaan milik umat kristiani. Trus, kenapa yang beragama Islam juga banyak yang ngerayain? Inilah yang perlu kita benahi bersama.

Asal Usul Kata

“Be My Valentine”. Itu adalah kata-kata yang sering banget kita dengar waktu perayaan V-Day. Saat kata “valentine” dirunut dari bahasa asalnya yaitu bahasa latin didapatlah arti: “Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat, dan Yang Maha Kuasa”.
Tuh kan? Berarti kalau kita ngucapin kata “Be My Valentine” berarti kita telah menyekutukan Tuhan kita, Allah SWT. Jelas syirik dong. Dosanya? Tidak diragukan lagi, pasti besar.

Kesimpulan

Kesimpulannya nih dalam Islam itu nggak ada yang namanya perayaan V-Day. Bahkan dilihat dari latar belakang dan asal usul kata, jelas sekali hukumnya tidak boleh bahkan bisa dikatakan haram. ‘Tul nggak saudara-saudara? “Hanya muslim bodoh yang merayakan Valentine’s Day”
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar